Minggu, 30 Juni 2013

Tips Memperbaiki Komputer yang Lambat

 
Untuk kamu yang sudah memiliki komputer yang sudah tua mungkin masalah lambat menjadi hal yang wajar, tetapi ketika komputer kamu masih baru tetapi sudah menunjukkan gejala lambat maka ada banyak penyebabnya kenapa komputer kamu lambat. Masalah komputer yang lambat biasanya disebabkan karena kurangnya perawatan pada komputer tersebut. Berikut adalah 5 tips penting memperbaiki komputer yang lambat dan juga penyebab dari lambatnya komputer tersebut:

1. Kapasitas RAM yang kurang
RAM merupakan hal yang penting, karena di RAM berguna sebagai tempat penyimpanan sementara ketika komputer dalam keadaan hidup, jadi semakin besar kapasitas RAM maka performa komputer akan lebih lancar, dan sebaliknya jika kapasitas RAM kecil, hal tersebut akan membuat komputer berjalan lambat.
Cara memperbaiki: Gunakan minimal RAM dengan kapasitas 1 GB.

2. Sisa storage di drive C sedikit
Drive C merupakan tempat dimana operasi sistem dan banyak program akan terinstall, jadi ketika drive C hanya menyisakan sedikit ruang akan mengganggu kinerja dari komputer. Banyaknya program yang terinstall dan tidak diupdate juga menjadi masalah tersendiri, apalagi jika program tersebut tidak digunakan, hanya akan membuang banyak kapasitas.
Cara memperbaiki: menghapus program yang jarang sekali digunakan melalui Control Panel, lalu Add/Remove Program.

3. Banyak program berjalan di Startup
Startup yang dimaksud adalah ketika kamu menyalakan komputer, dari waktu masuk ke windows hingga siap digunakan, biasanya membutuhkan waktu seperti misalnya mengaktifkan sistem audio, antivirus dan lainnya. Hal tersebut memang penting tetapi ada beberapa program yang biasanya kurang begitu penting tetapi ikut aktif ketika startup.
Cara memperbaiki: menggunakan CCleaner, lalu pilih tab startup. Dari sana kamu bisa disable program-program yang kurang penting.

4. Suhu komputer panas
Komputer yang jarang dibersihkan biasanya akan bertumpuk debu di dalam casingnya. Debu-debu tersebut akan membuat aliran udara untuk mendinginkan beberapa hardware terhambat dan akan membuat suhu menjadi panas. Untuk hal ini kamu bisa melihat langsung dengan membuka casing komputer kamu.
Cara memperbaiki: membersihkan debu tersebut dan kamu juga bisa melihat suhu dari masing-masing hardware kamu menggunakan aplikasi SpeedFan.

5. Terdapat lebih dari 1 antivirus dalam 1 komputer
Antivirus sebaiknya hanya satu dalam satu komputer, karena agar kerja dari antivirus tersebut tidak saling bentrok. Fitur dari antivirus juga yang melakukan scanning akan lebih cepat jika hanya satu dibanding menjalankan scanning dari 2 antivirus.
Cara memperbaiki: gunakan hanya 1 antivirus di dalam komputer dan pilih yang terlengkap, jika kurang percaya kamu bisa install Smadav atau gunakan antivirus online.

About the Author

yoga hadi

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

Posting Komentar

 
CTR(Computer Tips & Trik © 2015 - Blogger Templates Designed by Templateism.com