Kamis, 20 Juni 2013

Tips Mematikan Fitur AutoRun Untuk Hindari Virus

Tahukah kamu bahwa virus bisa masuk ke komputer kamu melalui fitur AutoRun atau AutoPlay ? AutoRun atau AutoPlay adalah sebuah fitur dari Windows dimana akan otomatis mendeteksi hardware yang terhubung ke komputer kamu melalui USB slot maupun CD/DVD Drive. Tetapi fitur ini justru dimanfaatkan oleh virus ataupun malware dalam kondisi AutoRun aktif maka akan membuka sejumlah pilihan, dan ketika USB Flash Disk atau CD tersebut mengandung virus maka akan langsung menginfeksi komputer pengguna. Cara untuk mematikan fitur autorun bisa terbilang cukup mudah untuk dilakukan walaupun bagi pemula.

Fitur AutoRun ini juga untuk beberapa antivirus sudah diblok sehingga tidak aktif, tetapi apabila ada fungsi autorun lain yang aktif maka antivirus tersebut akan menganggap autorun tersebut sebagai virus. Maka dari itu Jalan Tikus akan memberikan Cara untuk mematikan fitur AutoRun pada komputer kamu. Cara untuk mematikan fitur AutoRun ada dua yaitu melalui Local Group Policy Editor dan melalui Registry Editor.

A. Cara untuk mematikan fitur AutoRun melalui Local Group Policy
1. Buka Layar Run, lalu ketikan gpedit.msc, lalu Enter

2. Pada Local Group Policy Editor, kamu klik Computer Configuration, lalu Administrative Templates, Windows Components, AutoPlay Policies, dan pilih Turn off Autoplay

3. Double klik pada Turn off Autoplay. Setelah masuk ke halaman settingnya, pilih Enabled lalu pilih All Drives, setelah itu klik tombol Apply

4. Restart komputer kamu, dan fitur autorun tersebut tidak akan aktif lagi.

B. Cara untuk mematikan fitur AutoRun melalui Registry Editor
1. Buka Layar Run, lalu ketikan regedit untuk masuk ke Regedit Editor

2. Pilih urutannya seperti ini, HKEY_LOCAL_MACHINE\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer\

3. Pilih pengaturan dengan nama NoDriveTypeAutoRun. Jika tidak ada kamu bisa buat dengan cara klik kanan, New, lalu pilih 32-bit DWORD dengan nama NoDriveTypeAutoRun lalu isi dengan hexadesimal 000000FF(Desimal 255)

4. Restart komputer komputer kamu, dan pengaturan yang tadi telah kamu buat sudah bisa digunakan dan fungsinya sama seperti yang Local Group Policy Editor, Selamat mencoba.
Sumber: JalanTikus.com

About the Author

yoga hadi

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

Posting Komentar

 
CTR(Computer Tips & Trik © 2015 - Blogger Templates Designed by Templateism.com