Senin, 13 Mei 2013

tips Memperbaiki Layar Laptop Rusak atau Bergaris

 
Laptop adalah salah satu perangkat yang sangat berguna di era teknologi sekarang. Secara sederhana, laptop adalah sebuah komputer yang bisa dibawa kemana saja. Hal ini memudahkan sebagian besar pengguna komputer yang ingin melakukan pekerjaan tidak hanya di satu tempat saja.

Kekurangannya, sebuah laptop bisa dibilang lebih mahal dibandingkan sebuah komputer desktop dengan spesifikasi yang sama. Selain itu, kamu perlu mengeluarkan dana lebih jika ingin melakukan upgrade hardware untuk meningkatkan performanya. Ditambah lagi, karena laptop merupakan sebuah perangkat, maka jika terjadi kerusakan pada salah satu komponen, maka kamu perlu memperbaiki atau menggantinya untuk dapat menggunakannya kembali. Dan hal ini bukanlah hal yang mudah dibanding mengganti komponen pada sebuah komputer desktop atau yang sering disebut PC.

Salah satu komponen yang rentan rusak adalah layar monitor laptop. Jika layar laptop rusak, tentu saja kamu jadi tidak bisa menggunakan laptop karena tidak ada tampilan yang bisa kamu lihat. Biaya perbaikan layar laptop juga tidak murah.

Buat kamu yang perlu menggunakan laptop namun sedang tidak memiliki budget untuk melakukan penggantian layar, berikut ini beberapa solusi layar laptop yang rusak atau mati :

Menghubungkan ke Monitor Eksternal
Salah satu langkah termudah dan tercepat untuk mengatasi layar laptop yang rusak adalah dengan menggunakan monitor komputer sebagai layar laptop. Hal ini juga perlu kamu lakukan untuk melakukan pemeriksaan laptop untuk mengetahui apakah ada kerusakan lain, misalnya kerusakan software.

Jika kamu tidak memiliki monitor komputer yang nganggur, kamu bisa meminjam atau bahkan membeli monitor jika memang memiliki budget. Bagi kamu yang sering bekerja menggunakan komputer, berinvestasi untuk membeli sebuah monitor bukanlah hal yang buruk. Pastikan kamu memilih yang sesuai kebutuhan dan budget, agar tidak menjadi sia-sia.

Memperbaiki Layar Laptop yang Rusak
Bagi kamu yang cukup berpengalaman dan mengerti komputer, kamu bisa melepas layar laptop yang mengganggu setelah menghubungkan laptop kamu ke monitor, maka kamu tidak lagi memerlukan layar laptop kamu, bukan?

Perlahan-lahan lepaskan layar dari laptop dan untuk berjaga-jaga, catat atau dokumentasikan cara melepasnya agar nantinya bisa kamu pasang kembali. Jangan sampai kejadian "terima bongkar tidak terima pasang".


Simpan komponen yang kamu lepaskan dari laptop di satu tempat dan simpan di tempat yang aman. Nah, jika kamu ingin mengganti layar laptop kamu sendiri, kamu hanya perlu mengetahui tipe dan model layar tersebut yang biasanya tertulis secara lengkap dan jelas.

Melakukan penggantian layar laptop sendiri membutuhkan pengetahuan mengenai komputer dan tentunya keberanian kamu untuk membongkar laptop. Lakukan hal ini jika kamu memang benar-benar yakin dengan kemampuan kamu. Bawa ke tempat service komputer jika kamu tidak yakin dengan kamu.

Beli Laptop Baru

Solusi termudah adalah dengan membeli laptop baru untuk mengganti laptop kamu yang rusak. Jika memang laptop kamu sudah berumur, memang lebih baik jika kamu membeli laptop baru. Namun jika laptop kamu masih baru, maka ada baiknya kamu pikirkan alternatif lain seperti membawanya ke tempat service untuk melakukan penggantian layar laptop atau melakukan penggantian layar laptop sendiri jika kamu memiliki kemampuan teknis.
Sumber: jalantikus.com

About the Author

yoga hadi

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

Posting Komentar

 
CTR(Computer Tips & Trik © 2015 - Blogger Templates Designed by Templateism.com