Minggu, 05 Mei 2013

Tahukah kamu: 3 Alasan Baterai Smartphone Tidak Tahan Lama

Dalam 10 tahun terakhir, teknologi komunikasi berkembang dengan sangat pesat. Ponsel atau handphone bukan lagi menjadi barang mahal yang hanya dapat dimiliki kalangan tertentu dan pada beberapa tahun terakhir, handphone berevolusi menjadi smartphone.

Sebuah ponsel bukan lagi hanya dijadikan untuk komunikasi melalui jalur telepon saja. Smartphone memungkinkan kamu untuk mengakses internet dengan mudah, kapan saja dan dimana saja. Namun, hal yang tentunya menjadi perhatian banyak orang adalah kemampuan baterai ponsel yang jauh lebih lama dibandingkan smartphone.

Dulu, baterai ponsel dapat bertahan lebih dari 1 hari penuh. Namun sekarang, coba kamu hitung berapa kali kamu harus mencolokkan charger ke smartphone kamu? Repot sekali bukan? Lalu, apa alasan baterai smartphone tidak dapat bertahan lama?

Perkembangan Teknologi Baterai Masih Lambat

Berbagai komponen lain seperti CPU, RAM atau VGA berkembang dengan sangat cepat, sehingga smartphone pun dapat dibenamkan dengan berbagai komponen teknologi terbaru yang makin cepat, kapasitas memori yang semakin besar dan tampilan layar yang semakin tajam.

Namun, sepertinya perkembangan teknologi baterai tidak bisa mengikuti kecepatan perkembangan teknologi lainnya, sehingga dapat kamu lihat bahwa baterai masih berukuran besar, sedangkan komponen lain pada smartphone seperti CPU mengecil.

Aplikasi Berjalan Secara Background

Ponsel jadul tidak dapat memberikan notifikasi email, Facebook, Twitter atau update aplikasi secara otomatis. Sedangkan smartphone menjalankan berbagai fungsi tersebut setiap saat, sama seperti sebuah komputer, hanya saja ukurannya yang lebih kecil.

Pada perangkat Android, banyak aplikasi memperoleh hak akses yang bebas, aplikasi yang buruk bisa berjalan secara background bahkan ketika smartphone mati masih menggunakan CPU dan memori. Sedangkan iOS Apple membatasi hak akses yang diberikan terhadap aplikasi, namun pemberitahuan dan sinkronisasi dengan internet masih memakan daya baterai.

Layar Besar, CPU Cepat, Core Lebih Banyak dan Jaringan 3.5

Kemampuan dan harga dari smartphone juga telah meningkat, ini menyebabkan komponen hardware juga ditingkatkan. Seperti Samsung Galaxy S4 yang mempunyai CPU 8 core dan teknologi jaringan LTE yang jauh lebih cepat dari jaringan 3.5, ini akan membutuhkan daya baterai yang lebih besar. Selain itu masih ada WiFi, Bluetoth, NFC, GPS dan lainnya yang juga membutuhkan daya baterai.

Hal-hal diatas adalah beberapa alasan baterai smartphone tidak  tahan lama. Punya alasan atau pendapat lainnya? Silakan share di kolom komentar di bawah.

Like Facebook Page, Follow Twitter atau add Google + JalanTikus untuk terus mendapatkan informasi terbaru seputar teknologi dan download software terbaru untuk PC dan Apps Android dengan Gratis, Aman dan Cepat.




Baca Juga:



Sumber : pusatgratis

About the Author

yoga hadi

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

Posting Komentar

 
CTR(Computer Tips & Trik © 2015 - Blogger Templates Designed by Templateism.com