Selasa, 26 Februari 2013

Tips Atasi Panas Berlebihan pada Laptop


Laptop sering rusak? Laptop sering kluar masuk tempat servis?

Laptop sering rusak salah satunya bisa diakibatkan karena panas laptop yang berlebihan dan kurangnya pengetahuan pengguna.
  1. Laptop yang cepet rusak adalah yang suhunya mudah tinggi ditambah dengan ventilasi laptop yang kurang baik.
  2. Penggunaan laptop diatas tempat tidur, sofa, kain, bantal, ataupun dengan softcase laptop terpasang bisa bikin laptop mudah panas. Karena panas laptop akan terserap dan tertahan dimedia tersebut. Dan panas tersebut hanya akan kembali ke laptop.
  3. Fan laptop yang bagus adalah yang kipasnya nyedot udara, bukan yang meniup udara. Karena sirkulasi didalam laptop ditujukan untuk mengeluarkan udara panas. Kalo kipas eksternalnya yang tipe meniup, hanya akan mengembalikan udara panas laptop masuk lagi ke laptop.
  4. Fan laptop yang tipe menyedot harganya lumayan mahal, biasanya diatas 100 ribuan. Kalo dibawah 100 ribu dan ada nyala2 warna biru jangan tertipu, karena itu tipe meniup. Merk yang lumayan bagus tapi harga masih bersahabat adalah Deepcool (via @mbudymbud).
  5. Kerusakan yang sering terjadi akibat laptop kepanasan adalah, layar mati, lampu layar redup/mati, flexi cable rusak atau gosong.
  6. Jika Anda akan menggunakan program berat pada laptop Anda (seperti game atau semacamnya), usahakan program tersebut dijalankan pada ruangan ber-AC. Itu sangat membantu mendinginkan laptop.
  7. Dari pengalaman pribadi, faktor lain yang mempengaruhi panas laptop adalah OS (Operating Systems). Setelah dicoba sendiri, OS yang paling gampang panas adalah Windows. Sedangkan OS dengan UNIX based seperti Linux atau Macintosh tidak mudah panas kecuali menjalankan program yang berat.
  8. Ciri-ciri laptop kepanasan adalah, kipas internal laptop akan ON (terdengar bunyi NGUUUUNG). Itu artinya komponen didalam laptop sedang kepanasan. Kalau kipas ON terus maka laptop harus diberi perawatan lebih lanjut.
  9. Jika kipas laptop ON terus, pengguna paling tidak dapat menyediakan fan eksternal laptop untuk membantu membuang panas laptop (gunakan fan yang menyedot udara, bukan yang meniup ya :D ). Jika fan eksternal dirasa terlalu mahal, alternatifnya adalah mengangkat ‘pantat’ laptop. Hal ini dilakukan agar memberi ruang udara dibawah laptop.
  10. Untuk lebih akuratnya, coba install program yang dapat mendeteksi panas di laptop anda semisal BateryCare, SpeedFan dan sebagainya. (Klik di tautan tersebut untuk mendapatkannya).
  • Jika anda ahli anda bisa coba cara ini:
Bersihkan Kipas Heatsink Dari Debu

gambar
Biasanya kalo laptop sudah lama digunakan, maka debu akan menumpuk di kipas & heatsink. debu akan menghalangi hembusan udara panas keluar, jadi cpu akan mudah panas bukan?

Ganti Thermal Paste

gambar
Setelah membersihkan heatsink dari debu, jangan lupa untuk mengganti thermal paste. Thermal paste tidak berfungsi untuk mendinginkan cpu secara aktif, melainkan membuat transfer panas dari CPU ke heatsink menjadi lebih bagus.

Perhatikan Suhu Ruangan

gambar
suhu ruangan sangat berpengaruh terhadap panas laptop. Disarankan laptop dinyalakan dalam ruangan AC atau tempat-tempat non-AC yang sejuk.

Undervolting

gambar
Cara ini dapat langsung mengurangi panas di CPU sendiri dengan menggunakan s/w dengan total biaya 0, Hasilnya bisa mengalahkan semua point di atas. Undervolting adalah proses mengurangi voltase berlebih ke CPU dengan menggunakan software. Undervolting tidak mempengaruhi performance sama sekali. Yang mempengaruhi performance adalah overclock dan underclock. Undervolting tidak sama dengan underclocking. Tidak semua prosesor sama, tiap model prosesor memiliki toleransi voltase yang berbeda. Tapi daripada repot menyetel voltase stabil terendah ke tiap chip, Intel memakai voltase standard yang stabil (dan tinggi) ke setiap chip. Masalahnya adalah voltase standard pabrikan sangat tinggi (otomatis menambah tinggi temperatur cpu). Undervolting mencoba menyetel ke voltase stabil yang paling rendah.
Proses undervolting memang memakan waktu, karena kita harus mencari voltase stabil terendah untuk tiap2 multiplier di CPU. Multiplier berhubungan dengan teknologi speedstep, daripada cpu bekerja full power setiap saat, multiplier digunakan untuk mengatur clock cpu secara dinamik (tanda multiplier: 6x, 7x, 8x dst).

Baca juga:

About the Author

yoga hadi

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

Posting Komentar

 
CTR(Computer Tips & Trik © 2015 - Blogger Templates Designed by Templateism.com