Kamis, 21 Februari 2013

Tips Tetap Aman Menggunakan Internet Di Tempat umum

Banyak dari pengguna internet yang tidak menyadari atau belum mengetahui bahwa sebenarnya banyak kejahatan datang dari dunia maya ini. Dan mereka inilah yang kerap menjadi sasaran para penjahat cyber mulai dari peretas hingga penipu.
Untuk menghindari hal-hal buruk yang mungkin saja bisa terjadi, sebaiknya para pengguna internet, baik itu di PC, tablet maupun smartphone mengetahui bagaimana cara menggunakan internet yang aman.

Berikut ini ada beberapa tips agar dapat online di internet lebih aman:

1. Kunci komputer serta berbagai akun di dalamnya dengan password yang kuat, serta sematkan PIN empat digit yang unik untuk perangkat smartphone anda. Usahakan setiap password untuk setiap akun berbeda untuk menghindari hal lainnya, password yang berbeda bisa anda simpan di KeePass agar tidak lupa.

2. Jangan lakukan pembayaran tagihan, transaksi bank, belanja atau kegiatan bisnis penting lainnya melalui perangkat komputer milik umum, misalnya di warnet atau fasilitas internet gratis di bandara, atau dari laptop, tablet dan smartphone melalui jaringan WiFi yang terbuka untuk umum, misalnya hotspot.

3. Perhatikan sekitar anda ketika anda hendak mengetikan password, PIN, username dan lainnya yang merupakan akun pribadi anda.

4. Berhati-hati dengan pesan atau email yang mencurigakan. Hindari berbagai tawaran yang tampak berlebihan dan waspadai pengirimnya. Meskipun pesan tersebut tampak seolah-olah berasal dari seseorang atau sumber yang dapat dipercaya.

5. Perhatikan tanda pada Web yang menunjukkan bahwa halaman tersebut aman dan dapat dipercaya. Sebelum memasukkan data yang sensitif, periksa kembali petunjuk enkripsi, misalnya alamat Web dengan 'https' atau logo gembok terkunci di sudut kanan bawah tampilan situs.

6. Kurangi spam di inbox. Jangan berikan alamat email utama atau instant messaging kepada orang tak dikenal atau lembaga yang tidak diketahui reputasinya. Hindari menampilkan data tersebut dari l jejaring sosial, atau direktori internet, misalnya situs lowongan kerja.

7. Hindari menampilkan rincian data pribadi seperti alamat rumah, nomor telepon atau alamat sehingga orang yang tidak bertanggung jawab dapat menggunakan informasi tersebut untuk membuat profil palsu dari rincian tersebut.

8. Download aplikasi keamanan yang memungkinkan Anda menghapus semua data pribadi dari jauh. Hal ini akan berfungsi disaat tablet atau smartphone Anda hilang atau dicuri.

9. Gunakan pengaturan privasi atau privacy setting di akun jejaring sosial Anda. Pastikan yang bisa mengakses foto dan status Anda hanyalah orang-orang terdekat Anda yang dapat dipercaya. Dan jangan langsung menerima (accept) permintaan pertemanan (friend request) dari orang yang Anda tidak yakin mengenalnya.

10. Pastikan software keamanan Anda selalu diperbaharui. Keamanan software kini tersedia untuk semua jenis perangkat, baik itu smartphone, tablet ataupun PC. Pastikan Anda memiliki software keamanan terbaru pada perangkat Anda agar tetap terlindungi setiap saat. Software keamanan ini banyak yang sudah diterapkan di dalam antivirus, salah satunya Avira.

Baca juga:
Sumber:http://jalantikus.com/

About the Author

yoga hadi

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

Posting Komentar

 
CTR(Computer Tips & Trik © 2015 - Blogger Templates Designed by Templateism.com