Kamis, 13 Desember 2012

Review : Google Talk


Logo Google TalkGoogle Talk adalah aplikasi chat dari Google yang menggunakan akun Google dalam pengoperasiannya. Saat kamu mengakses akun Gmail, maka aplikasi ini secara otomatis aktif dan dapat digunakan melalui browser.
Dengan menggunakan software Google Talk, kamu bisa menggunakan aplikasi chat ini tanpa harus login melalui browser. Cara kerjanya kurang lebih sama seperti Yahoo! Messenger.




Pengaturan Google Talk

Setelah melakukan instalasi Google Talk, kamu dapat melakukan pengaturan bagaimana Google Talk bekerja. Misalnya, apakah kamu ingin aplikasi ini aktif secara otomatis saat komputer dinyalakan, pengaturan notifikasi dan sebagainya.
Google Talk General Settings

Klik Setting di bagian kanan atas. Pada tab General, silakan lakukan pengaturan mengenai automatic start dan opening link. Setelah itu, kamu bisa beralih ke tab Notifications untuk mengatur notifikasi Google Talk yang sesuai dengan keinginan kamu.
Google Talk Notification

Pengaturan Friend List

Bagi pengguna Gmail, kamu akan menemukan daftar teman ketika login menggunakan Google Talk pertama kali. Google Talk secara otomatis menambahkan kontak ke friend list/ daftar teman berdasarkan kontak email dan mengatur daftarnya berdasarkan seberapa sering kamu berkomunikasi dengan orang tersebut. Namun tentunya pengaturan friend list ini dapat kamu ubah sesuai kebutuhan dan keinginan kamu.
Pertama, mari lihat ada berapa banyak kontak pada friend list kamu. Klik tombol View di kiri bawah. Disini, kamu bisa membatasi daftar teman dengan menghilangkan centang pada ‘Show all address book contacts’. Pilihan ini hanya tersedia saat pilihan ‘Show offline friends’ dicentang.
Google Talk View Options
Berikutnya, klik Settings di kanan atas. Pada tab General, kamu dapat hide atau menambahkan kontak baru.
Untuk menambah kontak Google Talk, klik tombol +Add di kanan bawah, kemudian masukkan alamat email teman kamu, atau pilih dari daftar kontak yang ada.
Google Talk Add Friends
Kamu bisa Block atau Remove kontak dengan klik kanan pada nama di friend list kamu dan memilih dari pilihan yang ada.
Google Talk Block Friend
Saat kamu kembali ke menu Settings, kamu dapat melihat daftar kontak yang di-blok. Dari sini, kamu juga bisa menghilangkan blok pada kontak tersebut.

Chat Menggunakan Google Talk

Fungsi utama Google Talk adalah instant messaging atau pesan instan. Untuk memulai chat, double-klik pada nama yang kamu hubungi untuk membuka jendela chat, kemudian masukkan pesan yang ingin kamu kirimkan. Gunakan tombol Call untuk melakukan voice chat, atau klik Send voicemail untuk meninggalkan pesan suara.
Google Talk Chat Window
Kamu juga bisa klik kanan pada nama kontak dan memilih salah satu dari pilihan yang muncul atau arahkan cukup arahkan mouse ke atas nama kontak tersebut hingga profile mereka muncul.
Google Talk Friend Profile
Kamu dapat melihat history chat atau mengirimkan file melalui menu yang dapat diakses di bagian kanan jendela chat.

Personalisasi Google Talk

Nah, saatnya untuk menjadikan Google Talk sesuai dengan kepribadian kamu. Untuk mengganti font yang digunakan, klik Settings untuk mengakses pilihan tersebut pada tab General. Pada bagian Appearance, kamu dapat melakukan penggantian tema chat.
Google Talk Chat Theme
Untuk mengganti gambar profil, klik gambar yang muncul di samping nama kamu, kemudian pilih gambar yang disediakan di gallery atau klik More pictures.. untuk browse gambar dari komputer kamu. Format yang dapat digunakan adalah JPG, GIF, BMP, atau PNG dengan ukuran minimum 32×32 pixel.
Google Talk Profile Picture
Langkah terakhir adalah dengan melakukan personalisasi status Google Talk. Pilih salah satu dari status yang ada, atau buat sendiri statusmu dengan memilih ‘Custom message..’
Google Talk Status Message

Kesimpulan

Google Talk adalah program chat yang serbaguna, namun tidak terlalu memiliki banyak fitur. Proses instalasi berjalan singkat dan penggunaannya sangat mudah. Sayangnya, saat ini Google Talk belum terintegrasi dengan Google+. Padahal, jika diintegrasikan, tentunya akan lebih memudahkan pengguna. Misalnya, Circle pada Google+ secara otomatis ditambahkan pada Google Talk.
Melihat perkembangan Google+ yang masih belum bisa mengalahkan Facebook, sepertinya hal ini akan dapat membantu Google+ untuk menambah penggunanya, khususnya di Indonesia.

Bagaimana pendapat kamu mengenai program chat Google Talk?
sumber:http://jalantikus.com

About the Author

yoga hadi

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

Posting Komentar

 
CTR(Computer Tips & Trik © 2015 - Blogger Templates Designed by Templateism.com