Senin, 17 Desember 2012

Perbedaan Netbook, Notebook, Ultrabook, Laptop & Palmtop


Perbedaan Netbook, Notebook, Ultrabook, Laptop & Palmtop

Beberapa waktu belakangan ini, laptop menjadi salah satu perangkat paling populer bagi pengguna komputer karena ukurannya yang kecil dan mudah dibawa kemana saja, sehingga memberikan kemudahan untuk mengakses pekerjaan dimana dan kapan saja. Apalagi sekarang ini, istilah mobile sudah sangat akrab di kalangan pekerja perkotaan yang sibuk.
Dengan perkembangan dan pertambahan peminat atau pengguna laptop, para vendor laptop pun mulai membuat berbagai jenis laptop dengan bermacam ukuran, fitur, hingga nama yang berbeda-beda.


Berdasarkan Ukuran

Secara umum, terdapat 5 nama yang biasa digunakan untuk membedakan laptop, urutannya berdasarkan yang terkecil :
  • Palmtop
  • Netbook
  • Ultrabook
  • Notebook
  • Laptop

Mungkin lebih tepat jika ukuran diatas dikatakan berdasarkan portabilitas, karena ultrabook dapat memiliki ukuran layar yang lebih besar dari notebook, sedangkan notebook berukuran lebih tebal dan lebih berat.
Perangkat yang disertakan disini memiliki persamaan dari segi bentuk atau design, yaitu clamshell, dimana layarnya terdapat layar yang dapat ditutup, karena itu tablet atau perangkat touchscreen tidak disertakan disini.

Palmtop

Perangkat komputer paling kecil, sebagian besar menggunakan sistem operasi Windows khusus, Windows CE. Pada beberapa edisi terbaru, Palmtops bahkan menggunakan sistem operasi Windows XP. Namun dengan banyaknya berbagai smartphone yang ada sekarang ini, Palmtop sepertinya sudah menjadi teknologi usang yang bahkan sepertinya sudah tidak diproduksi lagi. Perangkat ini memiliki ukuran layar sekitar 6-7 inci.
HP–760LX
HP–760LX

Netbook

Netbook memiliki ukuran layar sekitar 90-10 inci dan merupakan perangkat portabel dengan fitur dan fungsi komputer yang lengkap. Netbook dapat menggunakan sistem operasi yang sama dengan yang digunakan komputer desktop, sehingga kamu bisa menjalankan berbagai program sama seperti komputer desktop, tidak seperti tablet yang tidak bisa menjalankan program standard Windows.
Popularitas netbook sedikit menurun setelah munculnya berbagai perangkat seperti iPad, namun masih tersedia di pasaran dengan mudah. Netbook cocok digunakan untuk mengerjakan berbagai pekerjaan seperti mengolah dokumen, browsing dan sebagainya, namun kurang cocok untuk memproses program berat seperti Photoshop, editing video dan bermain game. Harga Netbook umumnya berkisar antara 2-5 juta Rupiah.
Asus EEE-pc
Asus EEE-pc

Ultrabook

Disebut sebagai generasi baru notebook, “ultra-portable notebook”, umumnya memiliki berat kurang dari 1,5kg dan sangat tipis. Nama “Ultrabook” dibuat oleh vendor PC sebagai saingan Macbook Air dari Apple. Meski memiliki ketebalan yang kurang dari 2 cm, ukuran layar ultrabook dapat menyaingin notebook pada umumnya, yaitu 11-15 inci. Sebagian besar ultrabook menggunakan SSD yang lebih cepat dan ringan dari HDD hingga ultrabook dapat memiliki waktu boot yang sangat singkat. Walau begitu, SSD jauh lebih mahal dibandingkan HDD, sehingga tidak heran jika sebuah Ultrabook hanya memiliki kapasitas SSD sebesar 128GB saja.
Ultrabook juga pada umumnya tidak memiliki drive DVD. Cocok untuk menjalankan program ringan, namun tidak cocok untuk menjalankan game PC yang membutuhkan spek tinggi. Harga Ultrabook bervariasi, sekitar 7-15 juta Rupiah.
Macbook Air
Macbook Air


Notebook dan Laptop

Laptop berukuran lebih besar daripada notebook, dibuat sebagai pengganti PC desktop yang berukuran lebih kecil dan berdasarkan namanya, diletakkan pada pangkuan pengguna (lap=pangkuan). Notebook berukuran lebih kecil, berdasarkan namanya, “Notebook”, merupakan perangkat yang bisa dengan mudah dibawa kemana saja. Namun belakangan ini, sepertinya tidak ada perbedaan yang jelas antara keduanya. Para vendor pun menggunakan nama laptop dan notebook secara bergantian, namun sepertinya istilah laptop sudah jarang digunakan sekarang ini.
Notebook merupakan perangkat komputer portabel paling lengkap di antara perangkat lainnya, sehingga harga notebook pun bervariasi. Bahkan, sebuah notebook yang lengkap dan memiliki spesifikasi tinggi bisa dijual seharga 40 juta Rupiah. Ukuran layar bervariasi antara 12-18 inci, namun pada umumnya Notebook memiliki layar 15 inci. Untuk beberapa tipe, Notebook bahkan dapat memiliki kartu grafis high-end sehingga memungkinkan untuk bermain game 3D menggunakan Notebook.
Selain itu, Notebook biasanya akan disertakan dengan drive DVD dan kapasitas hard disk yang besar.
Perbedaan Netbook, Notebook, Ultrabook, Laptop & Palmtop
Alienware notebook












Baca juga:
 sumber:http://jalantikus.com

About the Author

yoga hadi

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

Posting Komentar

 
CTR(Computer Tips & Trik © 2015 - Blogger Templates Designed by Templateism.com