Kamis, 13 Desember 2012

Pengertian Spyware, Trojan, Rootkit dan ‘Penjahat’ Lainnya

Keamanan PC ketika menjelajah internet merupakan hal penting yang tidak boleh dilupakan. Berbagai ancaman mengintai setiap saat kamu membuka suatu website, apalagi jika kamu mengunjungi website yang ‘berbahaya’.
Spyware, Trojan atau rootkit merupakan beberapa istilah ‘penjahat’ yang sering kamu dengar. Disini, JalanTikus akan memberikan penjelasan singkat bagi kamu yang masih belum mengetahui perbedaan antara satu dengan yang lainnya.

Pengertian Spyware, Trojan, Rootkit dan 'Penjahat' Lainnya
Spyware memantau kebiasaan pengguna dalam melakukan penjelajahan internet untuk kemudian membuat semacam profil yang dijual kepada perusahaan iklan. Jika kamu melihat toolbar baru di browser yang biasanya diinstall tanpa sepengetahuan kamu sebagai pengguna, atau jika browser kamu tiba – tiba mengalami crash dan homepage kamu berubah tanpa ijin, kemungkinan besar PC atau laptop kamu terinfeksi spyware.



Trojan
Trojan, mengambil istilah Kuda Troya, merupakan malware yang bertujuan untuk menyusupkan kode – kode berbahaya (malicious software/ malware) yang dapat merusak sebuah sistem atau jaringan. Trojan memberi akses kepada hacker untuk masuk ke dalam sistem komputer korban untuk menjalankan berbagai operasi secara remote.
Operasi yang bisa dilakukan hacker pada sistem komputer target :
  • Penggunaan mesin sebagai bagian dari botnet (yaitu untuk melakukan spamming atau serangan Distributed-Denial-of-Service (DDoS)).
  • Pencurian data (password rekening bank, informasi kartu kredit, dll).
  • Instalasi software (termasuk malware).
  • Download atau upload file.
  • Keystroke logging.
  • Melihat layar pengguna.
  • ‘Memakan’ kapasitas penyimpanan pengguna.
  • Membuat komputer ‘crash’.

RootkitRootkit adalah sebuah program perangkat lunak atau set program terkoordinasi yang dirancang untuk mendapatkan kontrol atas sistem komputer atau jaringan sistem komputer tanpa terdeteksi. Dalam hampir semua kasus, tujuan dan motif yang melakukan cara apapun tindakan ganas pada sistem komputasi host. Rootkit biasanya menyembunyikan file, proses, koneksi jaringan, blok memori, atau entri Registry Windows dari program lain yang digunakan oleh administrator sistem untuk mendeteksi akses khusus istimewa ke sumber daya sistem komputer.

Namun, rootkit mungkin menyamar sebagai, atau terkait dengan, file, program, atau perpustakaan dengan tujuan lain. Sedangkan utilitas dibundel dengan rootkit dapat jahat dimaksudkan, bukan rootkit setiap berbahaya. Rootkit dapat digunakan untuk tujuan produktif dan destruktif. Banyak rootkit menyembunyikan program utilitas. Mereka yang melakukannya biasanya bertujuan untuk menyalahgunakan sistem yang terganggu, dan sering termasuk apa yang disebut “pintu belakang” untuk memberikan penyerang akses berikutnya di akan.

Browser Hijacker atau pembajak browser adalah suatu bentuk malware atau spyware yang menggantikan homepage, error page atau search page (halaman pencarian) dengan halaman yang mereka sendiri. Biasanya ini digunakan untuk memaksa hit/ kunjungan ke dalam website tertentu. Beberapa perangkat lunak keamanan ‘nakal’ juga akan membajak halaman awal umumnya menampilkan pesan seperti “PERINGATAN! Komputer Anda terinfeksi dengan spyware “untuk membawa kamu ke halaman vendor anti-spyware tersebut. Halaman awal akan kembali ke pengaturan normal setelah kamu membeli perangkat lunak mereka. Morwill Cari dan CoolWebSearch adalah contoh dari pembajak.

Keylogger
Keylogger adalah software program yang dirancang untuk bekerja pada sistem operasi komputer target atau secara remote untuk mengirimkan data yang tercatat dari komputer target ke monitor di lokasi yang jauh.
Keylogger dapat :
  • Upload data dari PC ke database, website atau account FTP.
  • Secara berkala email data ke alamat email yang telah ditentukan.
  • Mengirimkan data melalui sistem hardware yang terpasang.
  • Mengaktifkan monitor secara remote untuk login ke komputer lokal melalui internet atau ethernet dan mengakses log yang tersimpan pada mesin target.

Malicious Dialer/ Dialer berbahaya dapat diidentifikasi oleh karakteristik sebagai berikut:
  • Sebuah popup Upload terbuka ketika membuka sebuah website.
  • Pada website hanya ada sedikit informasi (jika ada) tentang harga.
  • Download dimulai bahkan jika tombol Cancel telah diklik.
  • Dialer menginstal sebagai koneksi standar tanpa pemberitahuan.
  • Dialer menciptakan koneksi yang tidak diinginkan dengan sendirinya dan tanpa interaksi pengguna.
  • Dialer tidak menunjukkan pemberitahuan tentang harga (hanya beberapa yang menunjukkan) sebelum melakukan panggilan.
  • Dialer tidak dapat dihapus (atau harus melalui proses yang tidak mudah).

Untuk melindungi PC kamu dari serangan – serangan berbahaya di atas, pastikan kamu memiliki software keamanan yang memadai.
sumber:Jalantikus.com

About the Author

yoga hadi

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

1 komentar:

 
CTR(Computer Tips & Trik © 2015 - Blogger Templates Designed by Templateism.com