Senin, 17 Desember 2012

Membayar Mahal untuk Sebuah Laptop, Sepadankah?


Membayar Mahal untuk Sebuah Laptop, Sepadankah?Laptop merupakan perangkat yang semakin banyak diminati belakangan ini. Harga standar sebuah laptop berkisar antara 5 juta Rupiah. Walau begitu, terdapat pula berbagai tipe laptop di pasaran yang memiliki harga 2-3 kali lipatnya. Bagi calon pembeli, harga laptop tentu saja merupakan salah satu pertimbangan ketika menentukan laptop mana yang akan dibeli.
Apakah laptop dengan harga mahal merupakan pilihan terbaik? Apakah calon pembeli mengetahui kualitas dan fungsi apa yang dibutuhkan ketika membeli laptop?




Laptop Sebagai Komputer Satu-satunya

Laptop Mahal
Tentu saja, terdapat banyak pengguna komputer yang hanya memiliki 1 buah komputer saja. Pelajar, mahasiswa atau pekerja yang sering mobile, lebih memilih laptop sebagai komputer dan jarang memiliki desktop PC. Bagi pengguna golongan ini, pemilihan laptop tentu saja merupakan hal yang penting. Apakah laptop dengan harga yang mahal berarti bagus dan cocok untuk digunakan sesuai kebutuhan?
Memang, sebuah laptop yang mahal tentunya akan memiliki performa yang lebih baik. Namun kamu juga perlu mempertimbangkan faktor portabilitas dan daya tahan baterai.
Sebuah ultrabook yang mahal, seperti Dell XPS 13 tidak memiliki performa yang lebih cepat daripada laptop standar, namun bobotnya lebih ringan dan memiliki daya tahan baterai yang lebih lama dibandingkan laptop standar. Kelebihan seperti ini tentunya merupakan salah satu faktor pertimbangan bagi pengguna yang sering bepergian.
Mengeluarkan budget lebih untuk faktor performa juga merupakan hal penting yang perlu diperhatikan. Kamu dapat membeli Core i7 mobile quad-core yang dapat memiliki performa hingga 2 kali lebih baik dibandingkan Core i5 mobile pada aplikasi multi-threaded. Kamu juga bisa membeli GPU terpisah jika ingin menggunakan laptop untuk gaming. Bahkan sebuah GPU yang tidak terlalu mahal, seperti NVIDIA GT 640M dapat memiliki performa grafis hingga 2 kali lipat dibandingkan graphic card integrated.
Namun, kamu tidak bisa memiliki keduanya dalam sebuah laptop. Portabilitas atau performa merupakan pilihan yang harus kamu buat.
ZenBook Prime
Untuk faktor lainnya, kamu bisa menentukan pilihan dengan lebih mudah dan fleksibel. Kualitas display misalnya, merupakan hal yang ditawarkan pada laptop dengan harga yang lebih mahal. Selain itu, laptop dengan harga yang lebih mahal juga biasanya menawarkan fitur-fitur lain seperti kualitas keyboard dan touchpad yang lebih baik.
Tidak heran, terdapat laptop yang berharga belasan bahkan puluhan juta Rupiah dan memiliki berbagai fitur-fitur tambahan yang menarik. Harga yang harus dibayarkan untuk membeli laptop memang lebih tinggi dibandingkan sebuah desktop PC. Namun pastikan kamu melakukan perhitungan sebelum memutuskan laptop mana yang kamu beli.
Ingin menghitung perbandingan harga yang akan kamu bayarkan ketika membeli laptop dengan waktu yang akan kamu habiskan menggunakan laptop tersebut? Hitung waktu yang kamu habiskan menggunakan laptop dalam sehari (dalam hitungan menit), kalikan 1095 (jumlah hari dalam 3 tahun). Kemudian bagi 60 jika kamu ingin menjadikan hitungan jam. Nah, hasil tersebut adalah waktu yang kamu habiskan menggunakan laptop yang akan kamu beli tersebut. Putuskan apakah harga yang kamu bayarkan sesuai dengan waktu yang kamu habiskan menggunakan laptop tersebut.

Ingin Memiliki Laptop dan Desktop PC ?

PC dan Laptop
Sebagian besar dari kamu yang ingin membeli laptop tentu pernah mendapatkan saran atau masukan. Salah satu saran yang sering kamu dapatkan mungkin bahwa sebuah desktop PC memiliki harga yang lebih murah dibandingkan laptop. Bahkan sebagian orang menyimpulkan bahwa harga sebuah laptop dapat kamu gunakan untuk membeli 2 buah desktop PC.
Hal ini tidak sepenuhnya benar jika kamu membeli sebuah desktop PC built-up. Artinya, untuk mendapatkan desktop PC dengan setengah harga sebuah laptop namun memiliki performa yang sama, kamu harus merakit sendiri PC tersebut.
Merakit sendiri desktop PC tentunya akan membantu kamu dalam menentukan harga dan performa yang kamu inginkan. Namun kamu juga perlu mengetahui perbandingan harga dan performa masing-masing komponen yang kamu pilih untuk PC kamu.
Kelebihan utama sebuah desktop PC dibandingkan laptop adalah kemudahannya untuk melakukan upgrade berbagai komponen, sementara sebagian besar laptop hanya dapat diupgrade hard disk dan RAM-nya saja. Selain itu, Desktop PC lebih mudah dan murah diperbaiki apabila terjadi kerusakan. Btas performa yang mampu diberikan sebuah PC desktop juga lebih tinggi dibandingkan laptop. Bagi kamu yang bingung memilih untuk membeli laptop atau PC, hal ini merupakan faktor pertimbangan yang penting untuk kamu perhatikan.
Nah, apabila kamu ingin memiliki laptop dan desktop PC, maka tentu saja budget yang kamu tentukan bisa jadi lebih besar dibandingkan jika kamu membeli sebuah laptop mahal. Apabila kamu memutuskan untuk merakit sebuah desktop PC  high-end, tentu saja berarti budget yang kamu miliki untuk membeli laptop menjadi berkurang. Akibatnya, kamu hanya mendapatkan laptop low-end atau middle-end yang performanya tentu tidak sebagus laptop high-end.
Asus G55
Berdasarkan berbagai pertimbangan diatas, maka tidak sepenuhnya salah jika kamu memutuskan untuk membeli sebuah laptop yang mahal. Namun jika kamu memutuskan untuk membeli keduanya karena kebutuhan, disarankan kamu memaksimalkan kualitas desktop PC dan memilih laptop dengan spesifikasi standar, sesuai dengan budget yang kamu tentukan.


Kesimpulan

Sebuah laptop memiliki harga mahal bukan tanpa alasan. Perangkat ini menawarkan performa, portabilitas dan fitur yang tentunya tidak dimiliki oleh laptop yang lebih murah. Namun bukan berarti membeli sebuah laptop selalu menjadi pilihan terbaik. Banyak pengguna komputer yang lebih memilih untuk menyesuaikan dengan budget yang dimiliki. Namun biasanya penggemar komputer lebih memilih desktop PC karena memiliki performa yang lebih tinggi dan mudah untuk diupgrade.
Jika kamu lebih memerlukan portabilitas, sebuah perangkat yang bisa dibawa kemana-mana dan tidak berminat untuk memiliki 2 buah komputer (laptop dan desktop PC), maka pilihan terbaik adalah dengan membeli sebuah laptop high-end terbaik yang sesuai dengan kebutuhan kamu agar mendapatkan performa maksimal dari harga yang kamu bayarkan dan waktu yang kamu habiskan menggunakan laptop tersebut.

Baca juga:
 sumber:http://jalantikus.com

About the Author

yoga hadi

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

Posting Komentar

 
CTR(Computer Tips & Trik © 2015 - Blogger Templates Designed by Templateism.com