Kamis, 13 Desember 2012

Kelebihan AntiVirus berbasis Cloud


Cloud-antivirus


Teknologi semakin berkembang dengan pesat dan tanpa terasa, sekarang ini sangat mudah bagi kita untuk mengakses berbagai data dan file melalui internet. Hal ini mendorong perkembangan teknologi Cloud. Email, chatting, editor gambar dan dokumen – hampir semuanya menggunakan sistem berbasis cloud. Berbagai pengembang software kini bahkan mengembangkan software antivirus berbasis cloud yang dapat digunakan langsung melalui browser, tanpa memerlukan instalasi pada PC. Antivirus online semacam ini berkembang pesat dan tentunya sangat berguna, dengan database virus yang amat banyak dan selalu update secara real-time.Namun antivirus berbasis browser/ cloud masih belum dapat secara total dijadikan pengganti software antivirus biasa.

Meskipun begitu, antivirus berbasis cloud memberikan banyak keuntungan dan kegunaan untuk melakukan pemeriksaan malware pada PC secara cepat. Perlu diingat, kamu tetap memerlukan antivirus yang diinstall pada PC kamu untuk perlindungan maksimal.

Cara Kerja AntiVirus Berbasis Cloud

Saat menggunakan AntiVirus berbasis cloud, berarti kamu mengunjungi website penyedia layanan ini (misalnya ESET Online Scanner atau BitDefender QuickScan), kemudian klik tombol Scan Now pada halaman website tersebut. AntiVirus akan secara otomatis di-download ke dalam PC dan kemudian dijalankan untuk melakukan Scan. Beberapa AntiVirus menggunakan ActiveX (Internet Explorer) atau Java untuk menjalankan scan.

eset-online_antivirus

Setelah antivirus cloud dijalankan, aplikasi ini kemudian akan melakukan scan untuk memastikan ada atau tidaknya ancaman (threat) dan memberikan peringatan mengenai ancaman tersebut. Penyedia jasa antivirus cloud menawarkan pelayanan yang berbeda-beda, ada yang hanya menyediakan jasa scan virus dan malware tanpa memberikan layanan menghilangkan virus tersebut. Beberapa antivirus cloud bahkan hanya menyediakan jasa QuickScan yang melakukan Scan secara umum sehingga seringkali ada beberapa ancaman yang terlewatkan.
Antivirus dengan sistem semacam ini sebenarnya sudah ada sejak lama, salah satu aplikasi yang sudah lama memberikan layanan semacam ini adalah Trend Micro’s House Call yang menggunakan ActiveX dan hanya mendukung browser Internet Explorer.

Bukan Real-Time Scanning

Semua aplikasi antivirus online memiliki satu kekurangan, yaitu tidak dapat dijalankan pada background. Antivirus yang berjalan pada background, berarti akan melakukan scan setiap program sebelum dijalnkan. Meskipun tentunya tidak ada antivirus yang 100% dapat mencegah masuknya virus, namun scan semacam ini tentunya akan dapat mencegah berjalannya virus sehingga mengurangi resiko ancaman secara lebih signifikan.
Jika kamu tidak memiliki antivirus terinstall pada PC dan hanya menggunakan antivirus cloud, maka malware yang siap menyerang akan dapat dengan mudah menembus pertahanan PC kamu. Di jeda kosong ketika malware mulai menyerang dan ketika antivirus online baru mulai menjalankan scan, data – data pribadi kamu sudah digerogoti oleh malware dan tersebar secara online kepada pihak yang tidak bertanggung jawab.
Selain itu, jika malware sudah menjangkiti PC kamu, berbagai malware baru akan bermunculan dan memenuhi memory PC kamu dengan berbagai software ‘jahat’ yang menyerang PC kamu.
microsoft_security_essentials
Beberapa pengguna PC berpikir tidak memerlukan software antivirus karena merasa sudah menggunakan metode online yang aman. Hal ini memang membantu kemanan PC kamu, namun perlu diingat bahwa aplikasi antivirus merupakan sistem keamanan terdepan untuk PC ketika kamu online. PC kamu bisa saja terkena virus meskipun kamu sudah berhati – hati, karena seringkali virus atau malware menyerang tanpa kamu ketahui. Karena itu, software antivirus merupakan perlindungan mutlak untuk PC kamu.

Keterbatasan AntiVirus Online

bitdefender-quickscan-complete
Beberapa antivirus online tidak memiliki fitur yang seringkali diharapkan dari sebuah antivirus. Contohnya, ESET Online Scanner dapat melakukan scan secara menyeluruh pada PC kamu, mendeteksi malware dan melakukan quarantine files. Namun BitDefender QuickScan hanya melakukan scan pada system startup dan memory – antivirus ini tidak akan melakukan scan di bagian lain pada PC kamu, sehingga kemungkinan aka nada banyak virus yang ‘tersembunyi’ dari aplikasi ini. Jika BitDefender QuickScan menemukan sebuah virus, kamu tidak bisa menghilangkannya dari PC kamu. Untuk dapat me-remove/ menghilangkan virus ini, kamu akan diminta untuk men-download software antivirus BitDefender. Artinya kamu memang memerlukan sebuah program antivirus yang diinstall pada PC kamu.

Kelebihan dan Keuntungan AntiVirus Online

Meski memiliki beberapa kekurangan, antivirus online memang menawarkan beberapa keuntungan berikut :
  • Proses Scan yang cepat. Dengan menggunakan antivirus online, kamu bisa langsung melakukan pemeriksaan pada PC meskipun PC tersebut memiliki antivirus yang sudah tidak update atau bahkan tidak memiliki antivirus sama sekali. Artinya, kamu tidak perlu mendownload, meng-install program antivirus yang bagi beberapa orang pada situasi tertentu mungkin tidak dapat dilakukan.
  • Selalu up-to-date. Program antivirus online selalu up-to-date. Saat kamu melakukan scan secara online, kamu tidak perlu men-download atau melakukan update versi terbaru, karena aplikasi yang disediakan secara online sudah pasti merupakan versi terbaru yang dimiliki layanan tersebut.
  • Opini kedua. Beberapa pengguna PC seringkali memerlukan hasil yang lebih valid. Terkadang bahkan menginstall 2 atau lebih pada PC mereka. Hal ini sebenarnya kurang direkomendasikan, karena kedua program antivirus bisa saja tidak compatible, sehingga bisa terjadi crash program. Jika kamu sudah memiliki antivirus pada PC kamu, maka melakukan quick scan dengan menggunakan program antivirus online akan memberikan opini kedua dan kamu dapat memastikan hasil scan yang kamu terima. Dan dengan sistem antivirus online yang tidak memerlukan instalasi pada PC, tentunya tidak akan terdapat masalah pada sistem.
eset-online-scanner


AntiVirus Desktop yang Direkomendasikan

Tidak perlu khawatir akan biaya yang diperlukan untuk menggunakan antivirus desktop, karena sekarang ini terdapat banyak antivirus yang dapat kamu download dan gunakan secara gratis. Berbagai antivirus gratis yang populer dan sering digunakan antara lain Microsoft Security Essentials, avast! dan AVG Free Edition.
sumber:http://jalantikus.com

About the Author

yoga hadi

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

Posting Komentar

 
CTR(Computer Tips & Trik © 2015 - Blogger Templates Designed by Templateism.com