Kamis, 13 Desember 2012

Hindari Ancaman Serangan Keylogger

Setiap harinya, penggunaan computer dan koneksi internet semakin bertambah. Baik itu digunakan sebagai sarana untuk belajar, bekerja, bisnis, bermain game, maupun sekedar sebagai media hiburan. Meski begitu, masih banyak yang belum menyadari bagaimana cara untuk melindungi computer dari serangan – serangan berbahaya yang dapat berupa keylogger, virus, spyware, malware, spam, adware, phishing dan upaya penipuan lain untuk mencuri identitas pribadi, akun pribadi, password maupun data keuangan
. Hal wajib yang diperlukan untuk mengatasi serangan keylogger dan sejenisnya adalah dengan memasang antivirus yang selalu update, meng-install security software (seperti spyware, anti malware, anti keylogger, anti adware) dan perilaku pengguna yang harus bisa melindungi informasi pribadi.
Keylogger atau Key Stroke Recorders adalah sejenis spyware yang dibuat dan dijalankan untuk mencuri informasi user ID, password dan input data ketika seseorang masuk ke dalam website tertentu. Apabila kita telah memasang antivirus dan software anti keylogger yang dapat diandalkan, maka computer dapat terlindung dari serangan – serangan ini. Anti malware atau anti spyware yang bagus harus mencakup scanner keylogger sehingga dapat mendeteksi keberadaan program keylogger yang mengintai kemudian menghapusnya. Bagi kamu yang menggunakan computer pribadi, tentunya mengetahui pentingnya untuk melindungi data – data pribadi yang ada di dalam computer. Program seperti virus, malware, spyware, malware atau adware dibuat untuk menyerang data – data tersebut untuk kemudian digunakan sampai pada tindakan criminal atau cyber crime seperti penipuan online, manipulasi data dan pencurian.
Penjahat cyber sering menggunakan infeksi virus, spyware dan malware dalam upaya untuk mencuri identitas pribadi seseorang dan informasi password, untuk mendapatkan akses ke rekening bank tertentu. Keylogger merupakan elemen yang paling sering digunakan dalam hal ini, keylogger akan mendeteksi User ID dan password ketika seseorang terhubung ke rekening bank secara online. User ID dan password yang telah berhasil diperoleh dari Keylogger kemudian akan digunakan (secara curang) untuk mencuri uang dari rekening bank orang tersebut. Para pengguna jasa keuangan atau bank online harus berhati-hati dengan kemungkinan adanya kecurangan atau serangan keylogger ini.
Lindungi PC kamu
Tips atau cara mencegah serangan keylogger di bank online atau di situs lainnya adalah :
  • Install antivirus yang dapat selalu di update
  • pasang software anti keylogger atau anti spyware dan anti malware
  • selalu mengikuti saran keamanan yang ada pada halaman keamanan (security page) dari situs bank online Anda.
  • ketika Anda memasukkan user ID dan password pada form login, gunakanlah fasilitas virtual keyboard atau on-screen keyboard bawaan dari operating system di komputer. (untuk Windows 7 bisa ditemukan di Start > All Programs > Accessories > Ease of Access > On-Screen Keyboard)
  • apabila tidak menggunakan On-Screen Keyboard, gunakanlah Notepad untuk menulis user ID dan password, lalu Anda Copy dan kemudian Paste ke Form Login.
  • jangan pernah Anda konfirmasi ketika ada pop-up dari browser yang menanyakan tentang simpan otomatis user dan password yang baru saja Anda masukkan. (pilih saja NEVER)
  • selalu logout ketika Anda sudah selesai melakukan aktivitas atau transaksi di bank online atau situs-situs yang lain.
  • bersihkan cookies dan cache di browser yang Anda pakai. Cara membersihkan cookies dan cache di Mozilla Firefox adalah dengan menekan tombol Ctrl-Shift-Del, kemudian pada Time range to clear dipilih Everything, pada Details dicentangi semua, kemudian tekan Clear Now.

Serangan atau penipuan online yang juga peru diperhatikan adalah serangan yang disebut dengan “phishing”. Phishing adalah serangan atau penipuan dengan menggunakan e-mail atau telepon untuk menyamar sebagai staf bank, atau undian berhadiah, dana hibah dan sejenisnya, dimana tujuannya untuk mengelabui pelanggan/calon korban untuk mengungkapkan rincian rekening bank dan passwordnya.

Cara mengatasi phishing atau penipuan online semacam itu adalah :
  • perhatikan alamat pengirim email, apakah dari situs resmi bank Anda atau bukan
  • kalimat sapaan dalam email, apabila berupa kaimat secara umum dan tidak spesifik menyebutkan nama Anda, maka Anda harus waspada
  • untuk email yang berupa janji hadiah atau dana hibah onlline, maka Anda cari informasi yang lebih lengkap tentang hadiah atau dana hibah online tersebut di situs resminya atau cari informasi tentang penipuan online atau hadiah dan dana hibah online di forum-forum besar seperti di kaskus.co.id, atau di scam.com

Demikianlah tips atau cara mencegah serangan keylogger di komputer dan beberapa hal yang perlu diperhatikan sehubungan dengan serangan keylogger dan tindakan phishing, penipuan online maupun tindakan kriminal online yang sewaktu-waktu bisa menyerang kita. Semoga bermanfaat.
sumber:http://jalantikus.com

About the Author

yoga hadi

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

Posting Komentar

 
CTR(Computer Tips & Trik © 2015 - Blogger Templates Designed by Templateism.com