Kamis, 13 Desember 2012

Cara Masuk Windows Safe Mode dan Kegunaannya

Cara Masuk Windows Safe Mode dan KegunaannyaSistem operasi Windows adalah sebuah program dengan struktur yang kompleks yang menjalankan fungsinya masing – masing. Saat kamu melakukan instalasi atau menghapus software dan hardware, ada kemungkinan terjadi error atau konflik yang nantinya akan semakin bertumpuk dan menjadi sulit untuk menemukan sumber permasalahan. Untuk menyelesaikan konflik semacam ini, Windows memberikan beberapa aplikasi dasar yang disertakan bersama sistem Windows.
Windows Safe Mode adalah pilihan boot yang bisa kamu gunakan untuk menjalankan komputer dengan keadaan terbatas. Hanya file dan driver dasar yang diperlukan untuk menjalankan sistem operasi akan dijalankan dalam mode ini. Driver grafis merupakan salah satu fitur yang tidak dijalankan, karena itu ketika menjalankan Safe Mode, tampilan grafis akan tampak buruk. Secara umum, Safe Mode digunakan untuk memperbaiki permasalahan yang terjadi pada sistem operasi Windows.


Cara Menjalankan Windows pada Safe Mode

Tombol F8
Metode standar untuk menjalankan Windows pada Safe Mode adalah dengan menekan tombol F8 ketika Windows sedang boot.
  1. Restart atau nyalakan komputer.
  2. Ketika komputer mulai menyala, tekan tombol F8 beberapa kali.
  3. Proses ini berhasil jika kamu masuk ke menu Advanced Boot Options. Jika gagal, maka ulang kembali dari langkah pertama.
  4. Gunakan tombol panah pada keyboard untuk memilih Safe Mode dari pilihan yang tersedia.
  5. Tekan tombol ‘Enter’ untuk mulai menjalankan Windows pada Safe Mode.
    Cara Masuk Windows Safe Mode dan Kegunaannya

System Configuration Utility
Jika kamu tidak berhasil menggunakan tombol F8 untuk mengakses menu Advanced Boot Options, kamu bisa menggunakan System Configuration Utility dan mengatur untuk menjalankan komputer pada Safe Mode.
  1. Klik Start.
  2. Pada Windows XP : klik Run, untuk Windows Vista dan 7, ketikkan ‘run’ pada kotak search.
  3. Ketikkan ‘msconfig’ dan tekan ‘Enter’.
  4.  System Configuration Utility akan terbuka. Buka tab Boot
  5. Pada bagian Boot Options, klik > /SAFEBOOT atau centang Safe Boot dan pilih Minimal atau > Network.
    Cara Masuk Windows Safe Mode dan Kegunaannya
Peringatan : Jangan gunakan System Configuration Utility jika ada kemungkinan komputer kamu terjangkit malware. Malware akan menyerang registry yang dibutuhkan untuk Safe Mode dan malahan membuat komputer kamu ‘stuck’. Value /SAFEBOOT akan membuat komputer kamu menjalankan Safe Mode, sehingga apabila registry ini dirusak oleh malware, maka komputer kamu akan terus menerus reboot dan masuk ke Safe Mode.

Apa Kegunaan Safe Mode ?

Safe Mode dapat digunakan untuk mengetahui apakah permasalahan komputer kamu disebabkan oleh software/ driver, atau disebabkan oleh kerusakan komponen dasar pada sistem operasi.
Jika permasalahan pada komputer tidak kamu temui ketika menjalankan komputer pada Safe Mode, maka kemungkinan besar permasalahan tersebut disebabkan oleh software atau driver yang kamu install pada komputer dan bukan disebabkan pada komponen dasar, misalnya hardware komputer.
Sebagian besar malware hanya dapat dihilangkan dalam Safe Mode, karena biasanya software nakal ini akan terus mencegah usaha kamu untuk menghilangkannya. Dalam Safe Mode, malware tidak di load, sehingga kamu bisa menghilangkannya tanpa khawatir malware tersebut akan ‘melawan’.
Saat Windows tidak bisa boot secara normal dan kamu terpaksa menjalankan Safe Mode, artinya kamu harus segera memperbaiki operasi sistem.


Cara Masuk Windows Safe Mode dan KegunaannyaWindows Safe Mode
adalah solusi masalah yang sederhana namun efektif dan memungkinkan kamu untuk mengakses sistem operasi ringan atau rusak parah dalam keadaan yang sangat dasar. Ketika boot ke Safe Mode, kamu menghindari software atau hardware yang kemungkinan mengalami konflik. Kamu juga menghindari masalah yang disebabkan oleh program yang telah dijalankan menjadi autorun, misalnya adware atau.
Walau begitu, kamu memiliki akses penuh ke Control Panel, sehingga kamu dapat menghapus driver, uninstall software, dan menghentikan program dan layanan dari peluncuran saat startup. Safe Mode merupakan hal pertama yang kamu jika tiba-tiba mengalami masalah khas Windows, seperti sistem lambat atau freeze, crash, atau permasalahan boot.
sumber:http://jalantikus.com

About the Author

yoga hadi

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

Posting Komentar

 
CTR(Computer Tips & Trik © 2015 - Blogger Templates Designed by Templateism.com