Kamis, 13 Desember 2012

9 Cara Menghindari Pencurian Identitas oleh Hacker


9 Cara Menghindari Pencurian Identitas oleh HackerPerkembangan teknologi yang pesat membuat kita semakin mudah berbagi informasi secara online. Informasi paling penting yang kamu miliki adalah data diri yang diakses secara online. Informasi ini merupakan informasi vital yang perlu kamu lindungi, apalagi jika kamu sudah sering menggunakan transaksi financial secara online, seperti rekening bank, kartu kredit dan lainnya yang bisa disalahgunakan oleh orang lain.
Para hacker dapat menemukan berbagai cara untuk mendapatkan informasi vital ini, dengan menembus akun email, menggunakan keylogger, atau menembus ke dalam internet traffic dan merekam data – data elektronik yang dikirimkan. Untuk itu, terdapat banyak cara untuk melindungi informasi vital kamu dari para hacker.


1. Firewall

Hacker yang tidak memiliki akses langsung ke komputer kamu dapat menembus sistem dengan menggunakan koneksi internet melalui port network yang terbuka. Firewall dapat mengendalikan traffic yang masuk dan keluar melalui port network kamu. Software Firewall bertindak sebagai ‘penjaga pintu’ yang akan menentukan program apa yang diijinkan untuk mengirimkan dan menerima data/ informasi.
Software Firewall
Sistem operasi Windows sudah memiliki Firewall. Untuk pengguna Windows 7, kamu bisa akses Firewall dari Start > Control Panel > System and Security > Windows Firewall.
Selain firewall ‘bawaan’ dari Windows, terdapat pula berbagai software Firewall lainnya yang memiliki beberapa fitur tambahan bagi pengguna yang menginginkan perlindungan lebih. Salah satu firewall yang dapat diandalkan adalah Comodo, baca selengkapnya di artikel berikut :

2. Amankan Network

Siapapun yang bisa mengakses network milik kamu dapat masuk dan mungkin mendapatkan akses kedalam data personal yang kamu miliki. Untuk itu, lakukan pengamanan dengan menentukan login dan password pada koneksi WiFi yang kamu miliki.
9 Cara Menghindari Pencurian Identitas oleh Hacker

3. Gunakan Software Anti Malware

Cara paling mudah bagi hacker untuk menembus sistem adalah dengan menyebarkan spyware atau malware yang secara otomatis terinstall pada komputer apabila kamu membuka suatu website ketika sedang browsing. Untuk melindungi kamu dari serangan tidak terduga semacam ini, gunakan software anti malware yang bisa mendeteksi adanya kemungkinan bahaya.
Anti Malware/ spyware
Kamu bisa menggunakan software anti malware yang tersedia di JalanTikus.com secara gratis.

4. Gunakan Limited User Account

Kebanyakan pengguna PC menggunakan akun Administrator karena tentunya lebih banyak akses yang diberikan. Kamu bisa melakukan instalasi software dan aplikasi tanpa harus log-off dan mengganti akun windows.
9 Cara Menghindari Pencurian Identitas oleh Hacker
Windows Vista dan 7 memiliki pengamanan lebih dengan selalu meminta konfirmasi atau informasi login akun Administrator ketika sebuah program yang dijalankan berusaha untuk mengubah sistem. Namun bagi pengguna XP, pengamanan ini tidak tersedia, sehingga apabila kamu awam dengan sistem dan teknis komputer, ada baiknya kamu menggunakan akun user untuk penggunaan sehari – hari.
Pastikan juga akun Administrator pada PC kamu menggunakan password sehingga tidak bisa diakses oleh sembarang orang.

5. Gunakan Password yang Kuat

9 Cara Menghindari Pencurian Identitas oleh Hacker
Cara paling mudah untuk melindungi akun online kamu adalah dengan menggunakan kombinasi password yang kuat dan gunakan password yang berbeda pada setiap akun. Hal ini tidaklah mudah dilakukan, karena itu mungkin kamu bisa menggunakan software password manager untuk membantu kamu mengingat setiap login dan password pada akun online kamu.

6. Enkripsi Data Penting

9 Cara Menghindari Pencurian Identitas oleh Hacker
Saat kamu menyimpan data penting dalam PC atau media penyimpanan seperti Flashdisk, pastikan kamu melakukan enkripsi data untuk mencegah orang lain dengan mudah mengambil data tersebut. Software yang kami rekomendasikan untuk ini adalah TrueCrypt.

7. Gunakan Koneksi Aman untuk Mengirimkan Data Penting

9 Cara Menghindari Pencurian Identitas oleh Hacker
Adanya teknologi internet dengan perkembangannya yang pesat memang sangat membantu kita dalam berbagai hal, mulai dari mengakses rekening bank, online shopping dan berbagai macam hal lainnya yang bisa diperoleh dari depan layar monitor komputer yang terhubung dengan internet. Setiap kali kamu menggunakan layanan online seperti ini, berarti kamu mengirimkan data penting yang berisi data personal kamu melalui internet.
Untuk melindungi data personal seperti ini, pastikan data tersebut dikirim menggunakan koneksi aman (SSL/ TLS protocol). Koneksi aman seperti ini ditandai dengan alamat URL yang diawali https://, bukan http://.
Sekarang ini kamu bisa mengatur Facebook, Gmail dan Twitter untuk terhubung melalui HTTPS yang akan meningkatkan keamanan ketika bertukar informasi secara online.

8. Update Software dan Sistem Operasi secara Berkala

9 Cara Menghindari Pencurian Identitas oleh Hacker
Program pada komputer memiliki bug yang dapat menjadi salah satu lubang berbahaya pada keamanan sistem. Karena itu, developer software biasanya melakukan update secara berkala untuk terus memperbaiki dan menyempurnakan produknya. Lakukan update secara berkala untuk driver, sistem operasi dan software yang kamu gunakan untuk memastikan keamanan PC kamu.

9. Bersihkan Media Penyimpanan Data sebelum Dibuang

9 Cara Menghindari Pencurian Identitas oleh Hacker
Apabila kamu berniat membuang media penyimpanan, maka kamu harus menghapus, overwrite keseluruhan data atau bahkan hancurkan hard drive, USB Flashdisk, kartu memori atau DVD yang berisi informasi pribadi untuk mencegah hacker melakukan restore data.

Baca juga:
sumber:http://jalantikus.com

About the Author

yoga hadi

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

Posting Komentar

 
CTR(Computer Tips & Trik © 2015 - Blogger Templates Designed by Templateism.com