Kamis, 13 Desember 2012

7 Virus Komputer Legendaris di Abad 20


7 Virus Komputer Legendaris di Abad 20
Kecanggihan teknologi pada abad 20 berkembang dengan pesat. Bersamaan dengan itu, berkembang pula teknologi ‘jahat’ yang harus dihadapi. Komputer merupakan salah satu hasil teknologi yang rawan dengan ancaman serangan program jahat yang dikenal dengan istilah ‘virus’.

Sejak kemunculannya pertama kali, virus komputer telah mengancam keamanan pengguna komputer. Ingin tahu virus apa saja yang cukup melegenda dan menyebabkan kekacauan besar di abad 20? Berikut daftarnya :

Jerusalem

Virus Jerusalem
Virus ini ditemukan pertama kali pada tanggal 1 Oktober 1987 di Universitas Jerusalem. Setelah diselidiki oleh pakar antivirus pada tahun 1991, virus tersebut diketahui pertama kali menyerang Italia. Virus ini disebut sebagai virus tertua dalam sejarah komputer karena merupakan salah satu virus yang pertama kali mampu menginfeksi file berekstensi .com dan .exe.

Morris (Internet Worm)

Morris Internet Worm
Worm ini disebut sebagai worm pertama yang bisa menyebar melalui jaringan internet. Namanya diambil dari nama sang pembuat yang bernama Robert Tappan Morris yang merupakan seorang mahasiswa yang berasal dari Cornell University. Pertama kali ditemukan pada tanggal 2 November 1988 dimana sebelumnya telah berhasil menginfeksi sekitar 6000 hingga 9000 komputer. Morris sendiri kemudian ditangkap dan diadili dengan hukuman 3 tahun penjara dan denda sebesar 10.000 dollar AS.

Barrotes

Barrotes-Virus
Barrotes adalah sebuah virus komputer yang diduga berasal dari Spanyol. Virus ini menyerang pada tahun 1993 dan cukup meresahkan karena mampu menginfeksi file COM dan EXE. Selain itu virus Barrotes juga mampu menyerang Master Boot Record dari harddisk sehingga pengguna akan sulit untuk mengaksesnya.

Solar Sunrise

solar_sunrise_virus
Solar Sunrise sebenarnya bukan merupakan nama sebuah virus, melainkan keadaan dimana saat itu kelompok hacker mampu meretas dan menguasai 500 sistem komputer di Amerika pada tahun 1998. Meliputi sistem komputer milik militer AS, badan pemerintah hingga swasta. Virus ini menyerang sistem operasi Solaris yang dikembangkan oleh Sun.

CIH (Chernobyl)

Chernobyl-Virus
Virus CIH (Chernobyl) merupakan salah satu virus yang cukup melegenda karena menimbulkan kerugian yang sangat besar. Kerusakan dan kerugian yang diakibatkan virus ini ditaksir mencapai 20 hingga 80 juta dollar AS di seluruh penjuru dunia. Virus yang kemudian diketahui berasal dari Taiwan tersebut dianggap sebagai virus yang paling berbahaya dalam sejarah komputer. Virus ini menginfeksi Windows 95, 98, dan Millenium Edition (ME). Nama aliasnya Chernobyl diberikan karena kerusakan terbesar yang disebabkan oleh virus ini terjadi bersamaan dengan hari meledaknya reaktor nuklir di Chernobyl.

Melissa

Virus Melissa
Virus Melissa ini pertama kali ditemukan pada 26 Maret 1999 dan telah menimbulkan kerugian mencapai 300 hingga 600 juta dollar AS. Para ahli antivirus menyebut bahwa virus Melissa telah menginfeksi sekitar 15 – 20 persen dari semua komputer bisnis di seluruh dunia. Virus ini menyebar melalui Microsoft Outlook yang kemudian mengirimkan email duplikasi virus ke 50 orang yang ada di kontak email.

ILOVEYOU

Virus ILOVEYOU

Virus ini diklaim sebagai worm yang paling berbahaya dalam sejarah virus komputer, karena telah menyebabkan kerugian hingga 5,5 miliar dollar AS. Virus ini pertama kali ditemukan di Filipina dan kemudian menyebar ke seluruh dunia melalui internet hanya dalam waktu satu hari dan telah menginfeksi 10 persen dari pengguna internet di seluruh dunia. Nama virus ini diambil dari subject email yang menjadi alat penyebaran worm komputer ini.

Salah satu cara untuk terhindar dari serangan virus adalah dengan memasang software antivirus pada komputer kamu. Pastikan komputer kamu terlindungi dari serangan yang selalu mengancam keamanan komputer.
sumber:http://jalantikus.com

About the Author

yoga hadi

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

4 komentar:

  1. bro
    yang virus Y2K sama CIH mana?
    kan kedua virus itu sama-sama meresahkan yang terbesar juga?

    BalasHapus
  2. sorry kalau belum lengkap artikel virus ini. soal nya hanya di atas yang saya tahu. thank atas coment nya!!!!

    BalasHapus
  3. kok gk ada virus Y2K nya?
    Bukannya virus itu jg berbahaya?

    BalasHapus
  4. Kok gk ad virus Y2K nya atau millennium bug

    BalasHapus

 
CTR(Computer Tips & Trik © 2015 - Blogger Templates Designed by Templateism.com